91. Pengaruh Pertambangan Batuan Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan

ABSTRAK
Desa Lonjoboko merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Bentanglahan Desa Lonjoboko berupa wilayah daratan yang berbukit. Kondisi hidrologi Desa Lonjoboko dilintasi oleh aliran Sungai Jeneberang yang menjadikan desa ini memiliki potensi tambang batuan. Jenis tambang batuan yang potensial di Desa Lonjoboko adalah pasir, batu kali, tanah, batu gunung, sirtu dan batu pecah. Seiring dengan meningkatnya produksi dari Kawasan Tambang Batuan, beberapa tahun belakangan di Desa Lonjoboko telah banyak mengalami perubahan lahan yang semula berupa lahan pertanian, menjadi kawasan pertambangan dan industri pengelolaan hasil tambang. Olehnya itu, maka dibutuhkan penelitian ilmiah mengenai “Pengaruh Pertambangan Batuan Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan di Desa Lonjoboko Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertambangan batuan terhadap perubahan penggunaan lahan terkait adanya aktivitas pertambangan batuan dan faktor – faktor yang mempengaruhinya, dan mendeskripsikan arahan strategi penataan kawasan tambang batuan di Desa Lonjoboko.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan menggunakan alat analisis superimpose, analisis skala likert dan SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, Threats). Variabel yang digunakan adalah berupa perubahan penggunaan lahan, faktor fisik kota, faktor fisik eksternal, faktor sosial, dan faktor ekonomi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terjadi perubahan penggunaan lahan di Desa Lonjoboko akibat adanya aktivitas pertambangan batuan adapun faktor – faktor yang sangat berpengaruh yang menyebabkan perubahan penggunaan lahan tersebut yaitu faktor fisik eksternal dan faktor ekonomi; (2) Strategi penataan kawasan yang dapat dilakukan di kawasan pertambangan batuan Desa Lanjoko adalah melakukan pengembangan kawasan industri pada peruntukan yang telah ditetapkan, pemanfaatan  sumber  daya  alam  dengan  memperhatikan  lingkungan,  penyerapan tenaga kerja lokal sehingga dapat mengurangi pengangguran, pengelolaan limbah industri sehingga tidak memberi dampak lingkungan, peningkatan sarana-prasarana untuk menunjang kegiatan industri, mengadakan kemitraan antara sektor publik dan swasta dalam pengembangan industri, mengadakan pelatihan untuk tenaga kerja lokal, pengendalian jumlah penduduk (migrasi dan angkatan kerja), dan peningkatan peran aspirasi sebagai media peningkatan informasi mengenai pemasaran produk.

Kata  Kunci:  Perubahan Penggunaan  Lahan, Pertambangan Batuan,  dan  Arahan Penataan Kawasan
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

91. Pengaruh Pertambangan Batuan Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "91. Pengaruh Pertambangan Batuan Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel