97. Analisis Permasalahan Banjir Wilayah Kelurahan Karunrung

ABSTRAK
Penelitian  ini  membahas  tentang  permasalahan  banjir di  wilayah  Kelurahan Karunrung Kecamatan  Rapocini  Kota  Makassar  yang  terkait  erat  dengan  masalah teknis yaitu kondisi sistem jaringan drainase dan aspek non teknis yaitu, kondisi sosial, budaya dan ekonomi masyarakat. Penyelesaian permasalahan banjir tidak bisa diselesaikan hanya merujuk pada disiplin ilmu teknik saja tapi juga partisipasi masyarakat  sangat  mempengaruhi,  terutama  dalam  hal  operasional  dan pemeliharaannya. Salah satu alternatif tindakan yang dapat dilakuakan adalah menerapkan konsep perancangan sistem drainase air hujan yang berkelanjutan yaitu suatu sistem resapan air antara lain Sumur Resapan Air Hujan. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis kinerja sistem jaringan drainase yang berbasis pada partisipasi masyarakat, dengan tahapan (a) bservasi kondisi existing sistem jaringan drainase, (b) analisis kapasitas sistem jaringan drainase (c) analisis pembuatan Sumur Resapan Air Hujan (d) wawancara kepada masyarakat guna mengetahui tentang pemahaman fungsi drainase serta kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sistem draianase yang berkelanjutan.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa sistem  jaringan  drainase  di  Kelurahan Karunrung Kecamatan Rappocini Kota Makassar secara keseluruhan sistem baik, meskipun harus dilakukan rehabilitasi badan saluran di beberapa tempat guna menanggulangi  terjadinya  banjir.  Hal  ini terlihat  pada  persentase  kondisi  sistem jaringan drainase di masing-masing sub sistem, yaitu kondisi di SS01 = 88,58% dan kondisi di SS02 = 88,46%. Partisipasi masyarakat Karunrung Kota Makassar terhadap pengelolaan jaringan drainase yang berkelanjutan adalah baik, hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan pemahaman masyarakat Karunrung terhadap sistem dan fungsi jaringan drainase yang berkelanjutan sudah baik, 85,95% masyarakat sudah mengerti sistem dan fungsi jaringan drainase yang berkelanjutan dan hanya 14,05% yang belum mengerti. Kepedulian masyarakat masyarakat Karunrung terhadap pengelolaan sistem jaringan drainase baik, 90,07 % masyarakat selalu membersihkan dan memelihara saluran drainase, hanya 9,93 % yang tidak melakukan hal tersebut. Kesanggupan masyarakat Karunrung untuk membuat Sumur Resapan Air Hujan (SRAH) rendah, 57,87 % masyarakat menyatakan tidak sanggup membuat SRAH, 42,13 % yang menyatakan sanggup.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

97. Analisis Permasalahan Banjir Wilayah Kelurahan Karunrung adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk " 97. Analisis Permasalahan Banjir Wilayah Kelurahan Karunrung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel