91. Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Perencanaan Pembangunan Desa

ABSTRAK
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang merupakan sarana bagi masyarakat dalam menampung segala aspirasinya untuk merencanakan pembangunan  desanya.  Disini  dibutuhkan prakarsa  dan  swadaya  masyarakat untuk ikut serta dalam merencanakan pembangunan di desanya sendiri. Orientasi pembangunan yang mengikutsertakan partisipasi masyarakat terkandung suatu pengertian bahwa rakyat adalah subjek pembangunan, bukan objek pembangunan. Sebagai subjek pembangunan berarti rakyat didorong untuk aktif terlibat dalam proses pembangunan sejak perencanaan sampai dengan pelaksanaan serta pemeliharaan dan pengembangan suatu hasil pembangunan. Kenyataan menunjukkan bahwa secara umum masih kurang maksimalnya kinerja dari fungsi BPD desa Kepala Sungai dalam hal pembangunan. Oleh karena itu, yang menjadi persoalan dalam hal ini adalah apakah BPD benar - benar melaksanakan peranannya dalam pembangunan desa sesuai dengan yang telah disepakati bersama.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui sejauh mana Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor - faktor penghambat Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan   di   Desa   Kepala   Sungai   Kecamatan   Secanggang Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan  pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi dilapangan, dan pengumpulan data sekunder berupa dokumentasi dan studi kepustakaan.Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari BPD, unsur Pemerintah Desa, dan unsur Masyarakat. Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa Kepala Sungai dapat dikatakan sudah baik, hal ini terlihat dari jawaban informan terhadap Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan di desanya. Adapun faktor - faktor yang dapat menghambat Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan di Desa Gunung Tua Panggorengan adalah masih kurangnya sarana dan prasarana bagi BPD serta masih terbatas dan kurangnya sumber daya manusia yang tersedia yaitu masyarakatnya yang terkadang kurang aktif dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Kata Kunci : Peranan Badan Permusyawaratan Desa, Pembangunan
File Selengkapnya.....


91. Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Perencanaan Pembangunan Desa adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 91. Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Perencanaan Pembangunan Desa




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



91. Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Perencanaan Pembangunan Desa


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "91. Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Perencanaan Pembangunan Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi