70. Analisis Usaha dan Strategi dalam Pengembangan Industri Tekstil Sarung Tenun

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur biaya, penerimaan dan keuntungan serta mengetahui strategi pengembangan industri tekstil sarung tenun pada UD. Boi Tulus Tekstil Balige. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017 - Januari 2018, sumber data dalam  penelitian ini diperoleh dari data primer yang diambil melalui observasi dan  wawancara langsung pada pemilik usaha, mandor dan karyawan. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis secara deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT, IFAS, EFAS dan Matriks SWOT. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa total biaya produksi pembuatan sarung UD. Boi Tulus Tekstil per Bulan adalah sebesar Rp 175.700.000 dan untuk penerimaan adalah sebesar Rp 198.000.000 sehingga keuntungan yang diperoleh adalah sebesar Rp. 22.300.000 per bulan. Dari hasil analisis data dengan matriks IFAS dapat diketahui bahwa skor kekuatan (S) adalah 2,23 dan skor untuk kelemahan (W) adalah 0,60. Hal tersebut menunjukkan bahwa UD. Boi Tulus Tekstil memiliki kekuatan yang lebih tinggi dari kelemahan. Dari hasil analisis data dengan matriks EFAS dapat diketahui bahwa skor peluang (O) adalah 2,39 dan skor untuk ancaman (T) adalah 0,36 Hal tersebut menunjukkan bahwa peluang lebih tinggi dari pada ancaman. Berdasarkan hasil tersebut, maka strategi yang sesuai untuk diterapkan adalah strategi Agresif.
Strategi pengembangan usaha sarung tenun melalui matriks SWOT antara lain: memanfaatkan kualitas produk yang tinggi untuk menarik investor melakukan investasi, mempertahankan kualitas produk yang tinggi serta lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar yang lebih luas dengan dihidupkannya kembali pariwisata Danau Toba sebagai Monaco of Asia dan menjadikan sarung tenun sebagai oleh-oleh khas Balige, menambah jenis produk yang diproduksi, memperbaiki packaging lebih menarik untuk mendapatkan konsumen dan investor, mempertahankan variasi corak untuk unggul dalam persaingan, mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk untuk bertahan dalam persaingan yang semakin pesat, meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi seperti gencar melakukan promosi dengan media sosial untuk maju dalam persaingan, membuat produk harga medium berkualitas untuk mempertahankan konsumen.

Kata Kunci : Analisis Usaha, Strategi Pengembangan, Industri Sarung Tenun 
File Selengkapnya.....




70. Analisis Usaha dan Strategi dalam Pengembangan Industri Tekstil Sarung Tenun adalah yang barusan kamu baca. MAU DAPAT FILE INI, Cukup 50RIBU saja untuk bea support dan pemeliharaan web ini kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 70. Analisis Usaha dan Strategi dalam Pengembangan Industri Tekstil Sarung Tenun - Jika setuju silahkan bisa Request via WA Klik Disini

70. Analisis Usaha dan Strategi dalam Pengembangan Industri Tekstil Sarung Tenun


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "70. Analisis Usaha dan Strategi dalam Pengembangan Industri Tekstil Sarung Tenun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Klikskripsi