2. Character Building Training (CBT) dalam Pembentukan Karakter

ABSTRAK
Penelitian tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak Character Building Training (CBT) dalam pembentukan karakter mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan paedagogis dan fenomenologis. Untuk mendapatkan data di lapangan, peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap pelatih/narasumber, mentor, pengelola CBT, dan mahasiswa peserta CBT. Selain itu, pengamatan secara langsung juga di lakukan pada saat kegiatan training berlangsung. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan langsung tersebut, dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa proses Character Building Training (CBT) dalam pembentukan karakter mahasiswa UIN Alauddin Makassar berawal dari pemetaan mahasiswa dalam kelompok yang masing-masing mewakili fakultas yang ada di UIN Alauddin Makassar. Pelaksanaannya terdiri atas 2 fase yaitu fase training dan fase pembinaan lanjutan/mentoring. Fase training selama 3 hari 1 malam, dan fase pembinaan lanjutan/mentoring selama 40 hari setelah fase training selesai. Character Building Training (CBT) mengantar mahasiswa pada pembentukan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam memperlakukan lingkungan alam sekitarnya, memelihara dan melestarikannya; kritis dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan tetap bertindak sebagai pengendali yang penuh tanggung jawab; bekerja atau melaksanakan profesinya sebagai seorang yang memiliki kemampuan teoretis dan keterampilan teknik yang memadai serta kepribadian baik berbasis akhlak agama maupun tradisi kearifan lokal. Mahasiswa juga telah dikenalkan tantangan dunia kerja yang menuntut skills dan kompetensi. Hal tersebut dimaksudkan agar mahasiswa lebih siap menghadapi masa depan yang penuh tantangan. 
Implikasi penelitian ini menunjukkan antara pendidikan karakter dan visi sebuah perguruan tinggi memiliki hubungan saling memengaruhi. Visi UIN Alauddin Makassar sebagai pusat pencerahan dan transformasi iptek berbasis  peradaban Islam, membuat karakter sebagai pilar utama menuju realisai dari visi tersebut. Pada masa selanjutnya benih cinta yang ditanamkan dalam diri peserta Character Building Training (CBT) diharapkan mampu merapatkan dan meningkatkan relasi diri dengan Tuhan, relasi diri dengan diri sendiri, relasi diri dengan sesama, dan relasi diri dengan lingkungan. Alumni training juga diharapkan menjadi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang mampu memberi wajah baru dalam meluruskan kembali peradigma masyarakat tentang peran perguruan tinggi dan identitas diri sebagai seorang mahasiswa.
File Selengkapnya.....




2. Character Building Training (CBT) dalam Pembentukan Karakter adalah yang barusan kamu baca. MAU DAPAT FILE INI, Cukup 50RIBU saja untuk bea support dan pemeliharaan web ini kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 2. Character Building Training (CBT) dalam Pembentukan Karakter - Jika setuju silahkan bisa Request via WA Klik Disini

2. Character Building Training (CBT) dalam Pembentukan Karakter


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "2. Character Building Training (CBT) dalam Pembentukan Karakter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Klikskripsi