3. Implementasi Gemar Mengaji dalam Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui gambaran implementasi gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 2) Untuk mengkaji kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik pada pelaksanaan gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 3) Untuk  mengungkapkan kendalakendala dan solusi yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran al-Qur’an pada gemar. Mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dalam upaya pembinaan baca tulis al-Qur’an.  
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi yaitu teologis normatif, pedagogis, dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri atas pemerintah, guru mengaji, dan tokoh masyarakat di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data kualitatif menggunakan  3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) pengambilan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, gambaran implementasi gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng sangat lancar dan guru-guru mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng telah berperan aktif dalam mengajarkan al-Qur’an dan mengembangkan beberapa metode termasuk motode latihan gemar mengaji meliputi peningkatan mutu dan memberikan bimbingan  secara efektif  sehingga peserta didik dapat berkembang  secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki, dan menciptakan lingkungan di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang religius. Kedua, kemampuan membaca alQur’an peserta didik pada pelaksanaan gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang berisikan kegiatan-kegiatan bersifat operasional yaitu; tindakan dan pembelajaran yang sistematis, target yang akan dicapai atau diingini oleh pemerintah dan masyarakat, dan kegiatan mengaji yang digambarkan untuk menanamkan nilai-nilai Qur’ani untuk mencapai tujuan. Ketiga, kendala-kendala dan solusi yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran al-Qur’an pada gemar Mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dalam upaya pembinaan baca tulis al-Qur’an  yaitu; pertama sikap acuh orang tua terhadap anaknya  dalam memotivasi  membaca dan menulis al-Qur’an serta pengaruh teknologi (HP) sangat cepat dan keikutsertaan orang tua dalam pembinan baca tulis al-Qur’an  sangat minim. Adapun solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi yaitu; sikap orang tua dalam memberikan motivasi, pengaruh teknologi HP dibatasi,  melakukan bimbingan secara intensif, memberikan tugas tambahan peserta didik, serta meningkatkan insentif guru mengaji dan meningkatkan pelatihan bagi guru-guru mengaji. 
Implikasi penelitian ini yaitu pdidik di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng masih sangat membutuhkan intensitas baca tulis al-Qur’an dan membutuhkan tambahan materi pembelajaran ilmu tajwid dan makharijul huruf, sebagai wawasan dan bekal untuk mengembangkan sekaligus diaplikasikan ditengah-tengah masyarakat, diharapkan kepada pengajar agar tetap istiqamah memperhatikan  bacaan peserta didik di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang notabene sudah bagus dari segi praktek, dan perlu ditingkatkan dari segi materi, supaya kualitas baik dari segi materi dan praktek bisa sejalan.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

3. Implementasi Gemar Mengaji dalam Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "3. Implementasi Gemar Mengaji dalam Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel