7. Interpretasi Konsep Sosialisme Islam H.O.S. Tjokroaminoto dalam Merespon Tantangan Pendidikan Islam Era Kontemporer

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengkaji dan menjelaskan konsep pemikiran H.O.S. Tjokroaminoto tentang sosialisme Islam, 2) Untuk mengkaji dan menjelaskan tantangan Pendidikan Islam Era Kontemporer, dan 3) Untuk membahas dan mengkaji konsep Sosialisme Islam H.O.S. Tjokroaminoto dalam Merespon Tantangan Pendidikan Islam Era Kontemporer.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan sosiologi yaitu, pendekatan untuk memahami dinamika kehidupan kelompok, baik menyangkut identitas kelompok dan bagaimana mereka berfungsi, berubah maupun berbeda dari yang lain serta produk kehidupannya. tipe kajian pendekatan terdiri dari empat jenis sub pendekatan, yaitu evolusionisme, intraksionisme, fungsionalisme, dan konflik. Lebih khusus dipenelitian ini menggunakan sub-pendekatan fungsionalisme yaitu mengkaji hungan bagian-bagian menuju kepada keseluruhan, berusaha untuk memahami interaksi sosial dengan menggunakan pola keseluruhannyang didalamnya seorang individu bertindak. Penelitian ini tergolong Library Research, peneliti menggunakan teknik pengambilan data, yakni kegiatan mencari dan menyortir dari bermacam-macam sumber data yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti, sumbernya baik berupa buku (kitab), referensi maupun abstrak hasil penelitian dan lain sebagainya. Data yang diperoleh kemudian dikutip dengan menggunakan dua cara, pertama kutipan langsung dan kedua kutipan tidak langsung. 
Setelah mengadakan pembahasan tengtang Konsep Sosialisme  Islam H.O.S. Tjokroaminoto  adalah sosialisme berdasar azas-azas agama, bukan sosialisme barat yang bersandar pada materi saja namun sosialisme yang wajib dituntut dan dilakukan oleh umat Islam itu bukannya sosialisme yang lain, melainkan sosialisme yang berdasar azas-azas Islam belaka, sosialisme yang dimaksud adalah mencari keselamatan dunia dan juga keselamatan akhirat. Wujud dari keselamatan itu adalah terciptanya sebuah masyarakat yang adil tampa penindasan satu oleh yang lainnya, serta terwujudnya kemerdekaan sejati, persamaan,  persatuan yang di dasari nilai-nilai ketauhidan, sebagaimana yang telah dicontohkan Nabi Muhammad Saw. Kemudian penulis mengemukakan berbagai persoalan dalam pendidikan Islam era Kontemporer yaitu, persoalan internal seperti masih rendahnya pemerataan dan akses pendidikan, rendahnya mutu dan daya saing, lemahnya tata kelola dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan, begitu pulah tantangan eksternal seperti Globalisasi Kapitalise dunia Pendidikan Islam, industrilasisasi kapitalistik menyerang sistem Pendidikan Islam dengan berdimensi kepentingan ekonomi dan berujung pada pergeseran nilai yang sebelumnya pendidikan Islam sebagai misi penyadaran, terciptanya insan kamil berperadaban bergeser pada tatanan ekonomi bisnis berazaskan materialistik, selain itu gelombang Informasi teknologi yang cepat menyetir kendali kehidupan, mengakibatkan pergeseran nilai yang signifikan, Pergeseran nilai yang dimaksud adalah nilai-nilai keagamaan, nilai religious dan moralitas hingga sampai pada krisis Sosial yang berkepanjangan.
Interpretasi Sosialisme Islam H.O.S. Tjokroaminoto dalam merespon tantangan pendidikan Islam era Kontemporer menekankan tiga proses penyadaran dalam Pendidikan Islam yang perlu untuk di perjuangkan yaitu kemerdekaan, Persamaan dan Persaudaraan. Ketiganya bersumber dari ajaran Islam sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw. Ketiganya mestinya menjadi muatan utama dalam pembentukan karakter dan jiwa masyarakat Muslim. Muslim yang sejati tanpa arogansi individualistik, memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta siap berjihad memerangi kemiskinan, penindasan dan ketimpangan sosial era Kontemporer. Pendidikan Islam dan Sosialisme Islam sebagai gerakan perubahan sosial harus di tempatkan sebagaimana respon kondisi saat ini yang tidak bebas nilai, olehnya itu kita perlu membuka persfektif yang lebih luas dalam memahami Pendidikan Islam.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

7. Interpretasi Konsep Sosialisme Islam H.O.S. Tjokroaminoto dalam Merespon Tantangan Pendidikan Islam Era Kontemporer adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "7. Interpretasi Konsep Sosialisme Islam H.O.S. Tjokroaminoto dalam Merespon Tantangan Pendidikan Islam Era Kontemporer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel