10. Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren

ABSTRAK
Judul penelitian ini ialah model pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone, 2) mengetahui desain pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone, 3) menjelaskan tentang upaya penerapan pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tiga pendekatan yakni sosiologis, fenomenologis, dan psikologis. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan observasi, sebagai teknik pengumpulan data. Teknik pengolahan data dilakukan dengan 3 (tahap) yaitu editing, koding dan tabulating. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data tentang analisis kebutuhan dan desain pembelajaran serta penerapannya, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data non-statistik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, khususnya pada Madrasah Aliyah, berlangsung dengan baik. Hal tersebut terlihat pada guru yang mampu menggunakan metodologi pembelajaran dengan baik, meliputi metode dan materi pembelajaran yang variatif, materi pembelajaran tidak terpaku pada teks buku paket siswa, menciptakan suasana yang humoris sehingga siswa tidak terlalu tegang dalam belajarnya. Pembelajaran yang baik tersebut membuat siswa tertarik dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas.\ Hal ini terungkap melalui banyaknya pernyataan siswa yang “sangat setuju” dan “setuju” terhadap 29 item pernyataan indikator tentang proses pembelajaran yang terlaksana. Jumlah pernyataan siswa yang sangat setuju dan setuju dalam setiap itemnya menunjukkan persentase antara (78,1%) sampai (90,1%) dari 75 responden. Adapun upaya para guru untuk menumbuhkan dan mengembangkan proses pembelajaran yang ada yakni terus berusaha melakukan variasi metodologi dalam pembelajaran, membudayakan komunikasi yang aktif kepada peserta didik ketika menjelaskan dalam kelas, penjelasan materi yang mudah dimengerti oleh siswa dan pemberian motivasi.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan adanya upaya proses pembelajaran yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, kiranya perlu menjaga kontiunitas penggunaan metodologi pembelajaran yang lebih variatif. Oleh karena itu, yayasan dan para tenaga kependidikan harus memberikan kontribusi yang memadai. Serta guru perlu lebih jeli lagi mengembangkan metodologi pembelajaran agar prosesnya berjalan lebih efektif dan efesien.
   
File Selengkapnya.....




10. Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren adalah yang barusan kamu baca. MAU DAPAT FILE INI, Cukup 50RIBU saja untuk bea support dan pemeliharaan web ini kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 10. Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren - Jika setuju silahkan bisa Request via WA Klik Disini

10. Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "10. Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Klikskripsi