16. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadis Siswa Madrasah Tsanawiyah

ABSTRAK
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng? Pokok masalah tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam beberapa sub masalah atau beberapa pertanyaan penelitian, yaitu:  (1) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng? (2) Bagaimana kemampuan menulis al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng? (3) Bagaimana hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng? (4) Apakah terdapat pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng? (5) Apakah terdapat pengaruh kemampuan menulis al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng? (6) Apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an terhadap hasil belajara al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupeten Soppeng? Adapun tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng. (3) Untuk mengetahui hasil belajar alQur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng. (4) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng. (5) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng. (6) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan  Islam Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng.  
Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis expost facto. Adapun sumber data penelitian ini adalah siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis linear sederhana dan analisisi linear berganda. 
Uji validitas data hasil tes kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an menunjukkan data valid. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng berada pada kategori baik dengan frekuensi 21 siswa dari 55 sampel yang diteliti. (2) Kemampuan menulis al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng berada pada kategori kurang baik dengan frekuensi 23 siswa dari 55 sampel yang diteliti. (3) Hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra berada pada kategori tidak baik dengan frekuensi 25 siswa dari 55 siswa yang yang diteliti. (4) Terdapat pengaruh antara kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng  dengan nilai thitung = 2,427 > ttabel = 2,006 maka,  Ha diterima. (5) Terdapat pengaruh antara kemampuan menulis al-Qur’an terhadap hasil belajar alQur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng nilai thitung = 2,437  > ttabel = 2,006, maka Ha diterima. (6) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis siswa MTs Perguruan Islam Gaanra Kabupaten Soppeng dengan nilai fhitung  = 5,227 > ftabel = 3,17, maka Ha diterima.
Implikasi penelitian ini adalah: (1) kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng termasuk dalam kategori baik, dengan demikian perlu dipertahankan serta ditingkatkan lagi agar lebih baik. (2) Kemampuan menulis al-Qur’an siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng termasuk dalam kategori kurang baik, dengan demikian perlu ditingkatkan agar lebih baik. (3) Hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa MTs Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng termasuk dalam kategori tidak baik, dengan demikian perlu untuk ditingkatakan lagi agar lebih baik.
  
File Selengkapnya.....




16. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadis Siswa Madrasah Tsanawiyah adalah yang barusan kamu baca. MAU DAPAT FILE INI, Cukup 50RIBU saja untuk bea support dan pemeliharaan web ini kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 16. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadis Siswa Madrasah Tsanawiyah - Jika setuju silahkan bisa Request via WA Klik Disini

16. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadis Siswa Madrasah Tsanawiyah


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "16. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadis Siswa Madrasah Tsanawiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Klikskripsi