17. Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMP

ABSTRAK
Pokok masalah penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh motivasi belajar  dan konsep diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Pokok masalah tersebut selanjutnya di breakdown dalam beberapa submasalah sebagai berikut: 1) Bagaimana realitas motivasi belajar peserta didik di SMP negeri 1 Tanete Riaja?, 2) Bagaimana wujud konsep diri peserta didik di SMP negeri 1 Tanete Riaja?, 3) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP negeri 1 Tanete Riaja?, 4) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja?, 5) Adakah pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja?, 6) Adakah pengaruh motivasi belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja?
Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 179 peserta didik, yang disampel dengan teknik Proportionate Cluster Random Sampling sehingga diperoleh 54 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda.
Hasil penelitian ini melahirkan kesimpulan, yaitu; 1) Realitas motivasi belajar peserta didik di SMP negeri 1 Tanete Riaja  berada pada kategori sedang sebesar 72%, 2) wujud konsep diri peserta didik berada pada kategori sedang sebesar 66%, 3) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kategori sedang sebesar 76%. 4) Motivasi belajar berpengaruh kuat terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik dengan persamaan regresi Y< = 63,666 + 0,297X1, 5). Konsep diri berpengaruh kuat terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dengan persamaan Y< = 65,171 + 0,484X2, 6) Motivasi belajar dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dengan rumusan regresi Y< = 55,643 + 0,242X1 + 0,305X2, dan koefisien determinan R = 0,494 yang berarti 49,4% kontribusi variabel motivasi belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam.
Penelitian ini secara praktis diharapkan dapat berguna sebagai bahan masukan untuk memperhatikan motivasi belajar dan konsep diri peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagi guru pendidikan agama Islam kiranya hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan tambahan wawasan tentang motivasi dan konsep diri peserta didik, sehingga dapat membantu guru untuk memperhatikan motivasi dan konsep diri peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agamanya. Bagi peneliti selanjutnya semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian berikutnya yang berhubungan dengan motivasi belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar peserta didik khususnya dalam pelajaran pendidikan agama islam.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

17. Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMP adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "17. Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel