18. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima. (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1  Bolo Kabupaten Bima sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif  tipe STAD (4) Untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima (5) Untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima.
Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan pendekatan yang digunakan adalah pendidikan dan psikologis. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel bebas (indepedent sample t-test).
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 81,67%. (2) Motivasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata motivasi belajar dari 77,33 meningkat menjadi 87,76 (3) Hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai gain yang berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 0,8. (4) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Bolo, dengan nilai signifikansi 0.000  0,05 maka Ho ditolak (5) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Bolo, dengan nilai signifikansi 0.013  0,05 maka Ho ditolak.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

18. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "18. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel