20. Peranan lembaga Perlindungan Anak (LPA) dalam Pengembangan Pendidikan Anak Jalanan

ABSTRAK
Tesis ini bertujuan mendeskripsikan peranan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dalam pengembangan pendidikan anak jalanan di Kota Makassar. Latar belakang munculnya anak jalanan di Kota Makassar disebabkan oleh kondisi ekonomi keluarga yang terbatas, sehingga memaksa ia harus turun ke jalan sebagai pemulung, penjual koran, buruh bangunan, anak jalanan dan pedagang ikan guna mencari tambahan pendapatan keluarga.   
Pengambilan data penelitian dilakukan di lapangan secara langsung (field  research) Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang bercorak fenomenologi dengan penekanan secara simultan yang bersumber dari observasi, wawancara, dan eksplorasi data lapangan menuju perumusan teoritik. 
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peranan LPA dalam pengembangan  pendidikan anak jalanan di Kota Makassar LPA adalah mendorong partisipasi semua pihak menggunakan media massa untuk membangun kemitraan dalam rangka perlindungan anak, menerima pengaduan mengenai pelanggaran hak asasi anak dan menfasilitasi serta menjalankan peran sebagai lembaga rujukan institusi untuk mencari solusi mengenai pelanggaran anak berdasar visi melindungi dan memenuhi segenap hak-hak anak sesuai Konveksi Hak Anak (KHA) dan Undang-undang Perlindungan Anak. Kondisi obyektif pelaksanaan pendidikan anak jalanan yang dilakukan oleh LPA, antara lain memberikan pendidikan formal terutama bagi pekerja anak yang berada di bawah garis kemiskinan, pemberian modal untuk usaha kecil-kecilan kepada keluarga miskin guna mengurangi jam bekerja bagi anak yang seharusnya belajar dan bermain, dan memberikan pemahaman kepada kepala rumah tangga tentang hak-hak anak dan undang-undang perlindungan anak, sehingga anak lebih berkonsentrasi dengan pendidikan sekolahnya.
Pengembangan pendidikan anak jalanan yang dilakukan LPA di Kota Makassar masih perlu dibenahi dengan memantau pelaksanaan hak-hak anak secara sistematis dan berkelanjutan. LPA dan instansi terkait perlu memiliki komitmen yang sama untuk melakukan upaya perlindungan anak secara optimal, baik di sektor formal maupun informal.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

20. Peranan lembaga Perlindungan Anak (LPA) dalam Pengembangan Pendidikan Anak Jalanan adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "20. Peranan lembaga Perlindungan Anak (LPA) dalam Pengembangan Pendidikan Anak Jalanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel