23. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Aqidah Akhlak

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab permasalahan tentang profesioanlisme guru dalam pengelolaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep dengan permasalahan (1) Bagaimana profesionalisme guru dalam perencanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? (2) Bagaimana profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? (3) Bagaimana profesionalisme guru dalam mengevaluasi pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka kabupaten Pangkep. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, Instrumen tersebut didukung oleh instrument lain yaitu wawancar, observasi, dan dokumentasi. 
Hasil penelitian yang diperoleh adalah, profesionalisme guru dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak adalah guru selalu merencanakan pelaksanaan pembebelajaran dengan merujuk kepada silabus yang telah ada serta menyesuaikan materi dengan kondisi peserta diddik, kemudian menguasai bahan ajar, mempunyai metode yang variatif, membimbing dan mengarahkan. Dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka, Guru melaksanakan sesuai dengn rencana pelaksanaan pembelajaran dan aplikasinya dalam proses pembelajaran sudah baik, namun dalam menutup kegiatn pembelajarn guru belum menyisihkan waktu yang cukup untuk meninjau kembali materi yang telah diberikan dan memberikan kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan kepada peserta didik. Guru menyesuaikan metode dengan bahan pelajaran, dan memberikan pembiasaan ke pada peserta didik baik dalam kelas maupun di luar kelas. Pada tahap evaluasi guru tidak hanya melihat dari segi kecerdasan akan tetapi guru juga melihat dari segi sikap dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits serta melakukan evaluasi terhadap peserta didiknya dengan meberi keteladanan bagi peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan kepada para guru agar lebih meningkatkan profesionalismenya sehingga pembelajaran lebih  maksimal. Peserta didik diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajarnya baik secara konseptual maupun praktis agar peserta didik lebih bisa menghayati dan memaknai pentingnya sebuah ilmu pengetahuan. Meskipun peneliti tidak memberikan respon yang negatif, namun peneliti berharap perlu diadakan penelitian lebih lanjut terkait peningkatan profesionalisme guru dan lebih meningkatkan komunikasi antara orang tua, guru, dan masyarakat. Untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

23. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "23. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Aqidah Akhlak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel