24. Strategi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an pada SMA

ABSTRAK
Penelitian tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng, mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada  SMA Negeri 4 Soppeng, dan menggali faktor-faktor yang menghambat penerapan strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng dan solusinya.
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) dengan jenispenelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis sebagai pendekatan utama dan dibantu dengan pendekatan keilmuan yaitu pendekatan pedagogis dan psikologis.  Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru baca tulis al-Qur’an, dan peserta didik sebagai sumber data primer dan dokumen-dokumen sebagai sumber data sekunder. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data tersebut diuji keabsahannya dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng adalah strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri. Strategi pembelajaran ekspositori diterapakan oleh semua guru baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng. Sedangkan strategi pembelajaran inkuiri hanya diterapkan oleh Reski Amalia. Faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi pembelajaran baca tulis alQur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng adalah kepala sekolah beserta guru-guru, guru baca tulis al-Qur’an, keterlibatan orang tua peserta didik, dan kecanggihan teknologi. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat adalah kurangnya buku bacaan peserta didik, perbedaan karakter peserta didik, kurangnya alokasi waktu pembelajaran dan kurangnya kedisiplinan peserta didik. Adapun solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut, guru baca tulis al-Qur’an menambah sarana belajar, mengelompokkan peserta didik, mengaktifkan kegiatan ekstakurikuler, dan memberi tugas tambahan kepada peserta didik.
Dengan melihat kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis alQur’an, maka pembelajaran baca tulis al-Quran SMA Negeri 4 Soppeng merupakan hal yang sangat penting. Sebelum menerapkan strategi pembelajaran dalam pembelajaran BTA, tujuan  pembelajaran harus ditetapkan dengan tepat. Dengan tujuan yang tepat, strategi pembelajaran yang diterapkan harus tepat pula agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

24. Strategi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an pada SMA adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "24. Strategi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an pada SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel