25. Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Agama Islam dan relasinya dalam Perkembangan Nilai-nilai Religi Siswa

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Tanggung jawab guru bidang studi gama Islam di Madrasah Aliyah an-Nur Nusa Kecamatan Kahu Kabupaten Bone (2) Nilai-nilai religi siswa di Madrasah Aliyah an-Nur Nusa Kecamatan Kahu Kabupaten Bone (3) Relasi tanggung jawab guru bidang studi agama Islam dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai religi siswa di Madrasah Aliyah an-Nur Nusa Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Pendekatan yang digunakan peneliti, yaitu pendekatan survei. Adapun metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode angket, wawancara terstruktur dan dokumentasi. 
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab guru bidang studi agama Islam di Madrasah Aliyah an-Nur Nusa relatif bertanggung jawab yang memiliki rata-rata 61,90 dari 95 responden yang diberi angket tentang tanggung jawab guru bidang studi agama Islam yang meliputi tentang pelaksanaan tugas sebagai guru dan sebagai orang tua kedua di madrasah yang mengarahkan siswa untuk memperbaiki ibadah dan akhlak siswa. Nilai-nilai religi siswa di Madrasah Aliyah Nusa relatif kurang bernilai yang memiliki skor rata-rata 36,87. Setiap item angket tentang religi responden lebih cenderung menjawab kadang-kadang daripada selalu. Relasi tanggung jawab guru bidang studi agama Islam dalam perkembangan nilai-nilai religi siswa di Madrasah Aliyah Nusa adalah rendah karena memiliki korelasi 0,023 dilihat dari interval koefisien dan berada pada interval 0,000-0,1999.
Implikasi dari hasil penelitian ini adalah menambah informasi dan memperkaya khazanah intelektual baik kepada pendidik maupun kepada siswa di Madrasah Aliyah an-Nur Nusa Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Memberi pengetahuan kepada guru untuk meningkatkan tanggung jawabnya atas setiap nilainilai religi siswa baik dari nilai ibadah maupun nilai akhlak.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

25. Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Agama Islam dan relasinya dalam Perkembangan Nilai-nilai Religi Siswa adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk " 25. Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Agama Islam dan relasinya dalam Perkembangan Nilai-nilai Religi Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel