8. Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di SMA

ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru PAI dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah  (1) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar, (2)untuk mengetahui proses pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar.
Dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan fenomenologi, teologisnormatif, dan psikologis, dengan sumber data Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Makassar, Wakasek bidang Kurikulum, ,Guru-guru PAI dan siswa SMA Negeri 8 Makassar. Pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan antara observasi, wawancara dan dokumentasi). Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan tahapan lewat reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 8 Makassar yaitu kemampuan menguasai materi pelajaran, kemampuan dalam memahami karakteristik peserta didik, kemampuan melaksanakan perancangan pembelajaran,kemampuan mengevaluasi pembelajaran dan kemampuan mengembangkan potensi peserta didik telah dilaksanakan dengan baik dan hasilnya pun memuaskan, hal ini dibuktikan dengan berjalannya beberapa program peningkatan kualitas belajar peserta didik baik melalui pembelajaran formal di jam sekolah maupun pembelajaran informal di luar jam sekolah atau pada sore hari. (2) Dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 8 Makassar secara keseluruhan, semua guru yang ada di SMA Negeri 8 Makassar ini dapat melaksanakan tugasnya secara baik dan professional. Namun masih ada juga sebagian guru yang masih perlu pembenahan secara maksimal dalam hal kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran di kelas. Hal tersebut terlihat dari hasil pencapaian siswa dalam memahami mata pelajaran PAI berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan(SKL) Mata pelajaran. (3) Faktor pendukung dari proses pembelajaran guru PAI di SMA Negeri 8 Makassar dapat dilihat dari tiga faktor yaitu guru yang sudah memiliki kompetensi, biaya yang cukup memadai dan sarana prasarana yang cukup representatif, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu guru yang belum memiiki kompetensi yang maksimal karena masih miskin dari sisi metodologi pembelajaran dan adanya sebagian siswa yang belum lancar mengaji.
Implikasi dari penelitian ini adalah (1)Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam merupakan kompetensi yang sangat penting dalam diri seorang guru karena berkaitan langsung dengan proses pembelajaran sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.(2) Pelajaran PAI yang mempunyai karakter yang menyentuh kepada seluruh aspek kehidupan baik di dunia maupun di akhirat nantinya, dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI di SMA Negeri 8 Makassar diharapkan peserta didik dapat mengaplikasikan dalam kehidupannya.

File Selengkapnya.....




8. Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di SMA adalah yang barusan kamu baca. MAU DAPAT FILE INI, Cukup 50RIBU saja untuk bea support dan pemeliharaan web ini kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 8. Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di SMA - Jika setuju silahkan bisa Request via WA Klik Disini

8. Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di SMA


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "8. Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Klikskripsi