8. Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Fikih terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan keterampilan mengajar guru Fikih (Dra. Kamariyah) di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran  Fikih  di  Madrasah  Tsanawiyah  Madani  Alauddin  Paopao  Kabupaten Gowa, dan 3) Menguji hubungan antara penerapan keterampilan mengajar dengan hasil  belajar  peserta  didik  pada  mata  pelajaran  Fikih  di  Madrasah  Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Penelitian  Ex  Post  Facto  menggunakan  angket,  dan  format  dokumentasi sebagai instrumen  penelitian  pada populasi sebesar 338 orang peserta didik yang disampel dengan teknik proportionate stratifield random sampling sebesar 15% yang berjumlah 51 orang peserta didik untuk memperoleh data yang diolah dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, yaitu 1) Penerapan keterampilan mengajar guru Fikih berskor rata-rata sebesar 79 dari yang berada pada interval 74 – 80 dengan frekuensi 5 yang berkategori tinggi, sehingga guru Fikih di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa telah menerapkan keterampilan mengajarnya dengan intensitas  tinggi, 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih berskor rata-rata sebesar 87 yang berada pada interval 82-88 dengan frekuensi 13 yang berkategori amat baik, sehingga hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa berpredikat  amat  baik,  dan  3)  Ada  hubungan  yang  positif  sebesar  0.345  dan signifikan sebesar 2.573 antara penerapan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Hasil  penelitian  ini  berimplikasi  atau  mempunyai  hubungan  keterlibatan dengan   berbagai   hal,   yaitu:    1)   Keterampilan   mengajar   berdasarkan   teori pembelajaran mikro dapat diterapkan oleh Fikih di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin  Paopao  Kabupaten  Gowa  karena  hasilnya  berkategori  tinggi,  2)  Hasil belajar  peserta  didik  berdasarkan teori  taksonomi  bloom  dapat  dijadikan  ukuran keberhasilan   belajar   peserta   didik   pada   mata   pelajaran   Fikih   di  Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa karena hasilnya berpredikat amat baik, dan 3) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih menurut teori taksonomi  bloom  dapat  ditingkatkan  melalui  penerapan  keterampilan  mengajar menurut  teori  pembelajaran  mikro  di  Madrasah  Tsanawiyah  Madani  Alauddin Paopao Kabupaten Gowa karena berhubungan positif yang signifikan.
File Selengkapnya.....




8. Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Fikih terhadap Hasil Belajar Peserta Didik adalah yang barusan kamu baca. MAU DAPAT FILE INI, Cukup 50RIBU saja untuk bea support dan pemeliharaan web ini kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 8. Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Fikih terhadap Hasil Belajar Peserta Didik - Jika setuju silahkan bisa Request via WA Klik Disini

8. Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Fikih terhadap Hasil Belajar Peserta Didik


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "8. Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Fikih terhadap Hasil Belajar Peserta Didik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Klikskripsi