22. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pemberdayaan Potensi Guru di SMA

ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai, bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 4 Bulukumba, bagaimana ragam pemberdayaan potensi guru di SMA Negeri 4 Bulukumba, dan apa faktor pendukung dan  penghambat pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam pemberdayaan  potensi guru di SMA Negeri 4 Bulukumba.
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui pelaksanaan  manajemen berbasis sekolah, mengetahui ragam pemberdayaan potensi guru, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam pemberdayaan potensi guru di SMA Negeri 4 Bulukumba. 
Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu  kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisi datanya adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, intrepretasi data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan MBS dalam pemberdayaan potensi guru terlaksana dengan baik karena adanya kerja sama antara Kepala Sekolah, guru-guru serta staf. Hal ini dilihat dari segi potensi guru dalam manajemen kurikulum, potensi guru dalam manajemen tenaga kependidikan, potensi guru dalam manajemen kesiswaan, potensi guru dalam pengelolaan keuangan, serta potensi guru dalam penyediaan sarana dan prasarana. Adapun fakt or pendukungnya yaitu pertama, dukungan pemerintah berupa pemberian dana BOS, alokasi dana pemerintah daerah dan pemberian kewenangan dalam pengelolaan sekolah. Kedua, dukungan guru berupa tenaga pengajar yang berkualifikasi S1 dan S2 serta guru yang tersertifikasi. Dan ketiga,dukungan siswa berupa jumlah siswa yang semakin meningkat dan adanya bantuan sukarela dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarana prasarana dan dana masih terbatas serta peran masyarakat yang belum maksimal.

Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pemberdayaan Potensi Guru 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

22. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pemberdayaan Potensi Guru di SMA adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "22. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pemberdayaan Potensi Guru di SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel