23. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran

ABSTRAK
Rumusan Masalah Penelitian adalah: 1). Bagaimana penerapan sistem informasi manajemen di SMP Negeri 21 Makassar? 2). Bagaimana proses pembelajaran di SMP Negeri 21 Makassar? 3). Faktor-faktor apa yang menunjang tentang penerapan sistem informasi manajemen di SMP Negeri 21 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen di SMP Negeri 21 Makassar. 2). Untuk mengetahui proses pembelajaran di SMP Negeri 21 Makassar. 3). Untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang tentang penerapan sistem informasi manajemen di SMP Negeri 21 Makassar. Dalam pelaksanaan penelitian.  
Peneliti memilih jenis penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data  penulis melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan keabsahan data yaitu triangulasi. 
Hasil penelitian ini antara lain: (1). Pelaksana sistem informasi manajemen di SMP Negeri 21 Makssar sudah terlaksana dengan baik di mana menggunakan aplikasi pengelola data yaitu dapodik dan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran memberikan layanan pendidikan dengan memfasilitasi praktek pembelajaran dengan menggunakan infrakstruktur teknologi, seperti fasilitas belajar dengan memadukan computer dengan wifi. (2). Pelaksanaan proses pembelajaran di SMP Negeri 21 Makassar yaitu, sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus melalui tiga tahap yaitu, pertama, tahap perencanaan. Dalam tahap ini membuat analisis hari efektif dan analisis program pembelajaran, membuat program tahunan, menyusun silabus, menyusun RPP, dan membuat penilaian pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan. Dalam tahap ini yang perlu dilakukan yaitu, Aspek pendekatan dalam pembelajaran, Aspek stretegi dan taktik dalam pembelajaran, Aspek metode dan teknik dalam pembelajaran. Media  pembelajaran yang dipakai dalam proses pembelajaran yaitu, media cetak (buku),  gambar, LCD dan computer. Ketiga, tahap evaluasi. Dalam tahap ini yang dievaluasi yaitu,  pengetahuan belajar yang dites dengan secara tertulis, lisan, dan daftar pertanyaan ujian. Evaluasi belajar keterampilan yang dievaluasi dengan ujian praktek, dan analisis tugas yang dievaluasi sendiri oleh pendidik. Dan bentuk tes yang diberikan kepada peserta didik tetap  harus dengan persyaratan yang baku. (3). Faktor yang menunjang adanya sistem informasi manajemen yaitu, dengan adanya sistem dapodik  yang melakukan pendataan tentang data pendidik dan data peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen sangat menunjang dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 21 Makassar.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

23. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "23. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel