69. Manajemen kurikulum Islam terpadu di SD

ABSTRAK

Skripsi ini  membahas  tentang manajemen  kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug Grobogan. Kajian dalam skripsi ini  dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan anak sejak usia dini untuk menghasilkan peserta didik yang taat beribadah sesuai dengan ajaran agama Islam, dan mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1)  Perencanaan  kurikulum  Islam  Terpadu  di  SD  IT  Al-Firdaus Gubug,  (2)  Pelaksanaan  kurikulum  Islam  Terpadu  di  SD  IT  Al- Firdaus Gubug, (3) Evaluasi kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al- Firdaus Gubug.
Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dalam perencanaan kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug pihak sekolah memilih program pengembangan sesuai dengan kebutuhan  dan  kemampuan  masyarakat.  (2)  Dalam  pelaksanaan kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug dilakukan dengan dua metode pertama memasukkan nilai-nilai keislaman pada setiap kegiatan belajar mengajar dengan pengetahuan umum sesuai dengan ketentuan yang ada, kedua kegiatan pengembangan melalui program sekolah dan pengembangan muatan lokal. (3) Dalam evaluasi kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug dilakukan dengan cara mengadakan rapat koordinasi pada setiap akhir pekan yang didalamnya membahas masalah selama satu minggu yang sudah dilalui dan evaluasi yang akan diberikan selama satu minggu yang akan datang.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada : (1) semua pendidik harus  selalu  mencari  pembaharuan  dan  penegtahuan  agar setiap kegiatan belajar mengajar peserta didik sebagai sasarannya bisa mendpatkan sesuai dengan perkembangan jaman (2) Berkaitan dengan sarana dan prasarana maka harus menambah ruang kepala sekolah karena ruang kepala sekolah masih di rumah orang laindan belum punya ruangan sendiri (3) Pihak sekolah diharapkan bisa membuka peserta didik yang lebih banyak yang sebelumnya dua kelas mungkin bisa ditambah lagi (4) Dari yayasan, kepala sekolah dan pendidik diharapkan meningkatkan  sumber daya manusia agar kedepan bisa memajukan sekolah yang didirikan bisa dilirik masyarakat luas sehingga para orang tua senang menyekolahkan anaknya ke SD IT Al- Firdaus Gubug. 
 Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Kurikulum Islam Terpadu
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

69. Manajemen kurikulum Islam terpadu di SD adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "69. Manajemen kurikulum Islam terpadu di SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel